Minggu, 12 Oktober 2014

#BIRRULWALIDAIN






Anjuran Berbakti kepada Orang Tua dalam Al-Qur’an

Allah s.w.t. berfirman: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada ibu-bapaknya … .” (QS. An-Nisa : 36).

“Kami wasiatkan kepada manusia, supaya berbuat baik kepada ibu-bapaknya.” (QS. Al-Ankabut : 8)

Allah s.w.t. memuji Nabi Yahya Ibn Zakariya, yang tak pernah membangkang atau menyakiti orang tuanya. Dia memperlakukan mereka dengan baik, baik dalam berbicara ataupun dalam bertindak tanduk. Allah berfirman: “Dan berbuat baik kepada orang tuanya … .” (QS. Maryam : 14)

Pujian serupa diberikan kepada Nabi Isa a.s. Firman-Nya: “ Dan berbuat baik kepada ibuku … .” (QS. Maryam : 32)

Anjuran untuk berbakti kepada orang tua masih dapat kita temukan dalam ayat-ayat lainnya. Allah berfirman, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil. Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat (kepada-Nya).” (QS. Al-Isra’ : 23-25)

“… Berterima kasihlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Lukman : 14)
“Kami wasiatkan kepada manusia, terhadap ibu bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dengan (menderita) kelemahan di atas kelemahan dan menceraikannya dari susuan dalam dua tahun (yaitu): Berterima kasihlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Lukman : 14)


Semoga bermanfaat :)


Wallahu a’lam


Salam Ukhuwah
YMYB











Tidak ada komentar:

Posting Komentar